manifesto

Foto saya
gracias olsen ( go ) adalah sebuah band yang hingga saat ini masih belum menemukan ke-establish-an dalam musiknya. Hal ini disebabkan saya masih terlalu labil dalam mengsegmentasikan musiknya. Namun akhir- akhir ini musik kami itu gabungan dari blues, bossa , post rock, shoegaze, icelandic, dan musik - musik italia yang saya tidak tahu apa namanya. Pokoknya asik buat saya , ngga tau sih buat band saya.. DAN JANGAN LUPA DOWNLOAD LAGU - LAGU ITU, GO !

Jumat, 27 November 2009

Manifesto Part V : Anomisme ( interlude )

Nama saya anom , ism : aliran , dogma , mahzab.
Jadi anomisme apa ?
Siapa saya berani mengeluarkan sebuah mahzab ?

Begini , saya suka membaca aneka buku filsafat , tapi hingga sekarang anda membaca blog ini
sebenar - benarnya tidak ada sebuah teori yang saya kuasai betul . Tapi peduli setan lah, saya
krirtikus dan filosof amatir sama seperti anda.

Saya bisa berkata bahwa aliran pemikiran ini bisa dipisahkan dari aliran - aliran lain adalah karena saya tidak pernah menumpahkan isi dari satu teori filosof besar secara penuh pada diri saya sendiri . Bukan karena saya enggan, tapi kemampuan saya membaca sangat lemah , maksimal 30 lembar bisa membuat saya tertidur langsung tanpa ancang -ancang . Saya juga tidak membaca buku - buku masterpiece dari para filsuf jawara itu , selain sulit dicari, jika ada
pasti mahal sekali harganya . Sedangkan gaji saya belum dibayar juga sampai hari ini.

Pertama - tama saya beritahu arti dari nama saya.
ANOM = Muda , dalam bahasa jawa , sunda , bali .
Ini adalah sebuah aliran untuk memudakan yang muda.Jangan protes, saya yang punya alirannya. Pada dasarnya semua pemikiran ini adalah pemikiran yang saya ingin kemukakan. Sama seperti halnya Uncle Marx, jadilah Marxis , Plato - Platonis, machiavelli - machiavellini, dll. Itu mungkin hanya sebuah nama yang ditambahkan "ism" di belakangnya sehingga menjadi
tajuk sebuah pemikiran.

Baiklah , pertama - tama pemikiran dan teori anomisme merupakan sebuah teori dengan konstruksi yang sangat rapuh, dapat berubah , dan mudah dikalahkan. Teori ini dirangkumkan memang bukan untuk menjadikan saya bisa menyamai mereka. Sebuah quote yang paling saya pegang teguh adalah kata - kata dari Socrates " Satu hal yang saya tahu, Saya tidak tahu apa - apa ! ", karena orang yang paling bijak adalah yang merasa dirinya tidak mengetahui sesuatu hal di dunia , dan yang paling sedih adalah Jika anda berminat menelusuri teori ini ( kalau tidak juga anda sudah terlanjur baca , lanjutkan saja.) maka ini adalah beberapa " buku suci " dari Anomisme.

Dunia Sophie , Jostein Gaarder
buku ini sudah tidak dicetak lagi sepertinya. Tapi karena kita
orang Indonesia, tersedia cetakan bajakan.















What Would Machiavelli Do ?, Stanley Bing.
Sebuah buku terapan sang begawan pujaan saya yang paling interaktif dan berhasil menjelaskan kembali definisi dari Machiavelli.













The Prince , Nicollo Machiavelli.

Ingat , cari yang penulisnya Nicollo Machiavelli , bukan orang lain !













Pemikiran Karl Marx, Franz Magnis - Suseno
Jika tidak bisa beli Das Kapital, beli buku ini dulu. Romo Franz sudah menjelaskan Marx secara baik sekali.












Sejarah Tuhan , Karen Amstrong
Ini buku yang luar biasa , saya merasa sudah merasakan 3 agama tanpa harus pindah agama. Pesan saya tetap lah membuka diri anda seluas - luasnya.












Republic, Plato
Bisa cari di internet. Tidak perlu beli. Mahal sekali.














Drunken Monster , Pidi Baiq

Baca saja, dia merubah pola pikir saya menjadi deskonstruktif.
















Baiklah teman -teman , anomisme bukan dirumuskan untuk menggurui. Ini adalah buku - buku yang cocok dengan saya . Jika tidak cocok dengan anda maka buatlah menjadi cocok. Mahzab aneh ini akan membuat anda menjadi mirip saya, tapi buatlah gaya -gaya tersendiri. Sekian dulu, nanti saya lanjutkan lagi dengan tokoh - tokoh mana saja yang penting dalam perumusan Anomisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar